Mengatasi Masalah Ponsel/Handphone Sering Mati Sendiri

Apa anda lagi ada masalah dengan ponsel anda ,Ponsel anda sering mati sendiri tanpa anda ketahuidan ingini.

Berikut tips tips cara memperbaikinya:

  • Pertama kita uji dulu apakah batteray kita masih dalam kondisi baik.Lepaskan batteray yang lama,kita uji menggunakan multitaster, apabila dalam pengujian ternyata batteray sudah rusak,maka gantilah dengan batteray yang baru.tetapi jika ternyata batteray kita masih bagus pasangkan kembali,dan coba hidupkan kembali ponsel anda.
  • Periksa juga apakah konektor pada batteray masih bagus,apa ada karat pada kuningan konektor batteray yang bisa menghambat (isolator) dari batteray pada ponsel.
  • Setelah kita uji batteray dan konektortidak ada masalah ,maka selanjutnya coba kita isi ulang batteray(charge).Apabila indikator pengisian batteray tampil pada layar ,tetapi ponsel tidak mau dinyalakan ,maka bisa dipastikan penyebab ponsel tidak bisa menyala karena ada gangguan pada IC PA nya.
  • Lepaskan IC PA pada ponsel anda ,lalu coba nyalakan ponsel anda .pasti ponsel anda bisa nyala.maka supaya ponsel anda ada sinyalnya harus dipasangkan lagi IC PA yang baru.
  • Namun bila saat kita coba isi ulang batteray(charge) indikator isi ulang batteray pada layar tidak muncul ,dan ponsel juga tidak mau nyala,maka kita uji menggunakan power supply (PS). Namun pada  kasus tertentu ada juga kemungkinan terdapat timah yang jelek atau penyolderan yang kurang baik kaki-kaki IC PA pada PCB (koneksi IC PA pada PCB terganggu atau terputus).Solusinya kita cabut IC PA pada PCB terlebih dahulu,lalu bersihkan timah timah pada PCB dimana IC PA tersebut menempel dengan cairan pembersih IPA,rapikan kembali timah timah pada kaki kaki IC PA,pasang kembali IC PA yang lama,lalu nyalakan kembali ponsel,pasti bisa nyala.
  • Selanjutnya memeriksa menggunakan Power Supply dimana power supply tersebut haruslah memiliki skala ampere sebesar 1-1000 mili ampere ,supaya mudah dalam pengujian dan membaca hasil pemeriksaaan dan juga karena sensitifitas power supply itu sendiri.
  • kadang juga karena battery sudah tidak pas dengan dudukan batteray di Hp,karena batteray kekecilan(kendor)yang menyebabkan kedua konektor dari HP dan batteray tidak bersentuhan,maka coba kamu kasih ganjal(kertas atau apa)supaya kedua konektor bersentuhan
Semoga bermanfaaat 

Cari Blog Ini

Translate

Ieweblog

Blog Archive

Kategori